Monday, July 25, 2016

Mengajar Buta Huruf , Desa Ares Dejeh

Mengajar Buta Huruf , Desa Ares Dejeh


Di Sumenep, tepatnya di desa totosan dusun Ares Daja  terdapat beberapa masyarakat yang masih belum mengenal tulisan, mereka belum bisa membaca dan menulis. Para Lansia ini tidak mengenal huruf karena kurangnya pengetahuan yang mereka miliki. Dahulu, masyarakat tidak memikirkan pentingnya pendidikan yang nantinya akan berguna di masa mendatang. Program ini dilaksanakan untuk membantu masyarakat khususnya Lansia agar mereka dapat mengenal huruf.
Pada tanggal 21 Juli 2016,  Kami Kelompok KKN 6 memulai untuk mengajar Ibu-ibu di Ares Daja dengan sharing dan hearing seputar pendidikan dan alasan mereka tidak bisa membaca dan mengenal tulisan. Respon yang diberikan masyarakat terhadap adanya kegiatan ini sangat baik dan masyarakatpun sangat antusias untuk mengikutinya.
Setelah proses perkenalan dan pengajaran, ternyata masih terdapat beberapa masyarakat yang sudah mengenal huruf abjad, namun kurang mengerti untuk pengaplikasiannya. Program ini dilaksanakan setiap hari Rabu, Kamis, dan Jumat sesuai dengan jadwal yang sudah disepakati.
Dengan adanya program ini, diharapkan masyarakat di desa totosan, mampu mengembangkan pengetahuan yang telah diberikan, sehingga masyarakat bisa membaca dan menulis.

No comments:

Post a Comment