Thursday, August 4, 2016

Snake Question, Belajar Jadi Asyiikk..


Snake Question, Belajar Jadi Asyiikk..

Apa Siih “SNAKE QUESTION” itu???


Jika mendengar kata SNAKE, apa yang berada di benak kita??? Yapp Ular. Menakutkan bukan. Untuk yang satu ini snake yang berbeda. Snake Question adalah sebuah media pembelajaran berupa permainan ular tangga. Media pembelajaran snake question akan disosialisasikan pada guru, yang nantinya anak didiknya akan menerima pelajaran melalui media ini. Media Ular Tangga dapat dimainkan oleh 2 orang atau lebih. Papan permainan dibagi dalam kotak-kotak kecil dan di beberapa kotak digambar sejumlah tangga dan ular yang menghubungkannya dengan kotak lain.
Sosialisasi media pembelajaran dilakukan pada guru di beberapa TK di desa Totosan, yaitu TK Alkaromah, TK Dwi Darma, TK Ares Daya. Pada tanggal  29 Juli dan 3 Agustus 2016. Sosialisasi dilakukan oleh anggota Kuliah Kerja Nyata Kelompok 6, dengan membawa contoh media pembelajaran yang telah dibuat sebelumnya. Tujuan untuk pemberian media pembelajaran snake question yaitu untuk memberikan motivasi belajar kepada siswa agar senantiasa mempelajari atau mengulang kembali materi-materi yang telah dipelajari sebelumnya yang nantinya akan diuji melalui permainan, sehingga terasa menyenangkan bagi siswa dan smenarik minat anak dalam belajar dan anak akan lebih mudah untuk mencerna atau memahami suatu persoalan. Dalam sebuah Kelompok permainan yang dibuat anak-anak bisa melatih kemampuan interpersonal dengan orang lain sehingga ia bisa bekerja sama dan dapat bersosialisasi dengan anak lainnya.
Pada saat proses sosialisasi para guru-guru yang ada di TK Al-karomah juga memberi feedback dan masukan pada media yang telah dibuat agar hasil yang didapat dapat secara efektif digunakan pada murid. Dalam demonstrasi pembuatan snake question para guru cukup antusias untuk mengikuti dan memberi respon positif.  
Gambar media



Sosialisasi Snake Question

No comments:

Post a Comment